You are here: Home > Uncategorized > Academic Orientation

Academic Orientation

AO dilakukan selama 2 minggu sebelum perkuliahan, yang dimulai setelah gelombang terakhir dari General Orientation berakhir. Dalam waktu 2 minggu ini. Apa sih AO ? AO adalah singkatan dari academic orientation.  Pada AO ini, tidak ada lagi gelombang-gelombang seperti pada GO, tetapi tetap berbeda jadwal hari dan jamnya saja. Academic Orientation merupakan orientasi yang diajarkan oleh para dosen di Binus University. Academic orientation saya dimulai pada tanggal 6 september 2016 sampai dengan 15 september 2016.

Academic Orientation ini bertujuan agar para mahasiswa baru bisa mengenal dasar-dasar dari materi pelajaran yang akan mereka pelajari nantinya ketika perkuliahan dimulai dan mengenal dosen – dosen pembimbing.  Selain materi pelajaran dasar, ada juga kelas teori selama AO. Kelas teori yang saya dapat mengajarkan materi-materi yang penting selama perkuliahan berlangsung. Sebagai contoh adalah bagaimana cara membuat mind mapping yang baik, apa saja yang perlu diperhatikan dalam membuat presentasi, bagaimana membuat catatan yang benar, dan masih banyak lagi.

Pada hari pertama, terbagi menjadi 4 sesi. 2 sesi di kelas besar dan dua sesi di kelas kecil. Pada sesi pertama di kelas besar saya di dampingi oleh pak Bayu yang mengajarkan tentang algorithm 1 dan sesi kedua di kelas besar saya di dampingi oleh pak Nicolas yang mengajarkan tentang ide. pada sesi di kelas kecil sesi ke tiga dan ke empat saya di dampingi oleh pak Harvianto yang mengajarkan cara berpresentasi dengan baik. Pada hari selanjutnya kami diajarkan algorithm dan pengkodingan dengan bahasa C.

pada hari jumat pada tanggal 9 September 2016, kami di bimbing oleh kurikulum yang memberikan pengenalan tentang School of Computer Science (SoCS). Bukan hanya pengenalan tetapi kami juga dijelaskan tentang materi perkuliahan beserta sistem yang kita dapat saat kuliah.

Pada hari terakhir, diadakan tes untuk menilai sejauh mana para mahasiswa mengikuti pelajaran selama AO berlangsung. Pada jurusan Teknik Informatika, tes dilakukan dalam durasi 100 menit, dan ada 2 jenis tes. Yang pertama adalah tes coding, dimana para mahasiswa harus membuat coding dengan bahasa C++ dan diupload ke server, kemudian dinilai oleh server. Kemudian yang kedua adalah essay.

Kemudian setelah tes, AO masih dilanjutkan dengan Academic Advisory, yaitu semacam bimbingan bagi para siswa oleh dosen-dosen yang sudah ditentukan. Pada pertemuan pertama Academic Advisory ini, para siswa dibagi berkelompok sesuai dengan dosen yang membimbingnya. Kemudian yang terakhir adalah penjelasan berbagai Support Center yang ada di Binus University. Support Center ini akan berguna selama perkuliahan di Binus jika kita mengalami masalah atau bingung selama perkuliahan. Beberapa Support Center yang umum adalah SAC, SSC, dan masih banyak lagi. Setelah mengikuti semua kegiatan AO, siswa diperkenankan untuk pulang.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Leave a Reply