You are here: Home > Uncategorized > General Orientation

General Orientation

General Orientation adalah bagian dari acara FEP. Apa sih FEP ? FEP adalah serangkaian kegiatan orientasi yang bertujuan untuk membantu binusian baru dalam beradaptasi terhadap sistem, peraturan, dan cara belajar di dunia kampus. FEP memiliki tiga bagian yang terdiri dari :

  1. General Orientation ( dilakukan selama 1 minggu dan terdiri dari beberapa batch)
  2. Academic Orientation (dilakukan selama 2 minggu sebelum perkuliahan)
  3. Campus Life Orientation (dilakukan selama 1 semester)

Jika kita mengikuti FEP akan mendapat total point SAT sebanyak 100 dari setiap sesi kegiatan FEP yang kita hadiri/ikuti. Jika tidak lulus, kita dapat menambah poin SAT melalui Kegiatan Kemahasiswaan (OK) atau mengikuti seminar, workshop, training, lomba, dll

General Orientation dilakukan selama satu minggu, dari hari Senin sampai dengan hari Sabtu. General Orientation dibagi menjadi lima gelombang/batch, yang berarti total lima minggu. Dan saya masuk ke dalam batch 3. Nama kelas saya CAS 02. General Orientation memiliki tujuan untuk mengenalkan dasar-dasar tentang kehidupan kampus di Binus University. Para mahasiswa baru juga akan dikenalkan dengan peraturan perkuliahan dan registrasi perkuliahan, juga organisasi kemahasiswaan.  Peserta General Orientation merupakan para mahasiswa baru yang disebut buddy dan para senior yang merupakan mahasiswa di Binus University yang disebut buddy coordinator (BC). Para BC bertugas mendampingi dan membimbing para buddy selama kegiatan GO berlangsung.

Kegiatan pada hari pertama merupakan perkenalan antar buddy dan buddy coordinator mereka. Selain itu, para buddy juga memilih Komti (Ketua kelompok) dan Wakomti (Wakil ketua) setelah itu BC menerangkan peraturan apa saja yang harus kita taati saat General Orientation. Seperti memakai kemeja putih dan celana hitam, membawa flash dan binder setiap hari dan  memakai sepatu putih atau gelap. Setelah itu menonton yel-yel angkatan sebelumnya, lagu Mars Binusian, dan Mars Bina Nusantara. Dan kami mendapat tugas membuat yel-yel kelas untuk acara terakhir. Dan karena pada tahun ini General Orientation bertepatan dengan Anniversary BINUS ke 35 jadi kita disuruh buat video kreatif yang nanti akan dilombakan untuk acara inagurasi. Acara hari pertama bisa kita bilang Briefing.

Kegiatan pada hari kedua Binusian Journey kita dikenalin dengan Organisasi Kemahasiswaan (OK). Organisasi Kemahasiswaan bertujuan untuk meningkatkan EES dan Kepekaan Sosial. Apa sih EES ? EES singkatan dari Employabillity & Entrepreneurial Skills. EES adalah keterampilan – keterampilan yang diperlukan untuk memperoleh pekerjaan, sukses di dalam pekerjaan serta menjadi wirausahawan dalam konteks global. Pada hari kedua dijelaskan peran Organisasi Kemahasiswaan, dan syarat lulus yaitu, IPK ≥ 2.00, min SKS + Skripsi 146, min total SAT 120, dan jam kerja kegiatan social min 30 jam. Pada kegiatan kedua kami diberi tugas membawa sembako untuk hari ke tiga yaitu, detergen 800gr, mie indomi 5 bungkus, jajan kelas 1 kelas harus sama dan tugas tambahan untuk hari keempat yaitu membuat surat cinta. Di hari kedua kita juga dikalin dengan HMJ jurusan kita. Apa sih HMJ ? HMJ adalah singkatan dari Himpunan Mahasiswa Jurusan. Atau bias dibilang himpunan yang menaungi jurusan. Karena Saya dari IT maka HMJ Saya bernama HIMTI kepanjangan dari Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika.

Kegiatan pada hari ketiga Sukses Kuliah & Aturan Tata Tertib Kehidupan Kampus sesuai dengan judul kita diterangkan tentang peraturan yang berlaku pada saat kuliah, mengisi noble dream, dan mengikuti game UNIQ LO. Tidak lupa juga tugas yang kemarin dikumpulin.

Kegiatan pada hari keempat Bunga Rampai dan Binus Maya. Bunga rampai adalah kegiatan dimana para UKM mendemonstrasikan UKM masing masing. Apa sih UKM ? UKM adalah Unit Kegiatan Mahasiswa atau yang biasa disebut saat SMA adalah ekstrakulikuler. Setelah kegiatan bunga rampai kami lanjut ke acara binus maya. Binus maya adalah suatu aplikasi dimana aplikasi ini sangat berguna untuk kegiatan perkuliahan. Binus maya menyambungkan antara siswa dengan dosen atau siswa dengan siswa lain. Bias dibilang binus maya adalah forum. Didalam binus maya kita bias melihat jadwal perkuliahan, tugas, administrasi, dll. Pada kegiatan binus maya, kita membuat id binus maya dan mengecek kesalahan biodata.

Kegiatan pada hari kelima Perkuliahan, Ujian, Registrasi dan Kerohanian. Pada kegiatan Perkuliahan, Ujian, Registrasi dijelaskan tentang sistem perkuliahan seperti membawa dan mengenakan binusian ID selama berada di area kampus, datang kuliah tepat waktu (20 menit sebelum perkuliahan dimulai), absen berlaku untuk 1 kali sesi perkuliahan, apabila terdapat 2 sesi maka absen kembali di sesi ke 2, mengikuti kegiatan perkuliahan hingga selesai, pastikan status kehadiran terdata “ hadir ” (verified). Dijelaskan tentang BINUSIAN ID, model pembelajaran seperti F2F itu artinya Face to Fece meliputi : pertemuan di kelas, LAB, Collaborative Learning. GSLC berarti Guided Self-Learning Class meliputi : belajar mandiri, field trip, forum diskusi. Pada kegiatan registrasi dijelaskan bahwa ada 2 jenis kalender yang selalu digunakan  selama di Binus University yaitu : kalender registrasi dan kalender perkuliahan yang dapat di download di binusmaya, dijelaskan pula sistem dan sirkulasi registrasi, KMK, sistem pada saat ujian, sistem nilai, IPS & IPK. Apa sih KMK ? KMK adalah Kartu Mata Kuliah yang harus di download maksimal 1 minggu sebelum ujian berlangsung. Pada kegiatan kerohanian kita di pecah dan masuk ke OK kerohanian masing – masing  sesuai kepercayaan.

Kegiatan pada hari keenam Kebersamaan dan EXPO. Pada saat acara kebersamaan masing – masing kelas dikumpulkan dalam satu ruangan disana kita menampilkan sebuah yel – yel dan sekaligus penutupan kegiatan General Orientation. Setelah itu lanjut ke acara EXPO dimana kita menentukan atau mendaftar UKM.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Leave a Reply